Berat badan lahir rendah terhadap kematian bayi

Infeksi Dalam Rahim Infeksi hepatitis terhadap kehamilan bersumber dari gangguan fungsi hati dalam mengatur dan mempertahankan metabolisme tubuh, sehingga aliran nutrisi ke janin dapat terganggu atau berkurang. Manuaba, IBG.

Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

Akibatnya adalah tingkat retardasi pertumbuhan janin yang lebih tinggi IUGRlingkar kepala yang lebih kecil mikrosefalidan panjang badan kurang diantara bayi-bayi dengan ibu pecandu kokain dibandingkan bayi-bayi dengan ibu bebas obat Telah dikatakan BBLR merupakan Indikator kesehatan yang sangat penting bagi kesehatan tahun-tahun berikutnya.

Faktor yang secara langsung atau internal mempengaruhi berat bayi lahirantara lain sebagai berikut: Pengukuran LLA lebih praktis untuk mengetahui status gizi ibuhamil karena alat ukurnya sederhana dan mudah dibawa kemana saja, dan dapatdipakai untuk ibu dengan kenaikan berat badan yang ekstrim.

Pada persalinan normal selaput ketuban biasanya pecah atau di pecahkan setelah pembukaan lengkap, apabila ketuban pecah dini, merupakan masalah yang penting dalam obstetri yang berkaitan dengan penyulit kelahiran prematur dan terjadinya infeksi ibu Mansjoer, Ini dilakukan agar bayi tidak merasa kedinginan.

Terhadap Janin Kekurangan gizi pada ibu hamil dapat mempengaruhi proses pertumbuhan janin. Penyebab kematian neonatal 7 — 28 hari paling banyak berturut-turut adalah sepsis Bayi laki-laki lahir spontan di puskesmas 2. Bayi dengan berat badan lahir rendah hingga saat ini merupakan masalah seluruh dunia karena merupakan penyebab kesakitan dan kematian pada masa bayi baru lahir.

Persentase Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR)

Jarak melahirkan. Kematian perinatal pada bayi BBLR adalah 8 kali lebih besar dari bayi normal. Sebab lain termasuk karena ibu adalah seorang perokok dan peminum minuman beralkohol atau pengguna narkotika. Kematian perinatal anak kembar lebih tinggi daripada anak dengan kehamilan tunggal dan prematuritas merupakan penyebab utama Wiknjosastro, Metode Perhitungan.

Jika retardasi pertumbuhan terjadi pada akhir kehamilan, pertumbuhan jantung, otak, dan tulang rangka tampak paling sedikit terpengaruh, sedangkan ukuran hati, limpa dan timus sangat berkurang. Jauhkan Bayi dari Orang Sakit Karena bayi dengan berat lahir rendah sangat mudah terserang penyakit, maka penting untuk menjauhkannya dari orang yang sedang sakit.

Umur ibu hamil yang lebih tua juga dihubungkan dengan adanya penyakit-penyakit yang menyertainya. Kehamilan dibawah umur 20tahun merupakan kehamilan berisiko tinggi, kali lebih tinggi di bandingkandengan kehamilan pada wanita yang cukup umur Sitorus, Faktor ibu -Penyakit: Penggunaan perekat setelah penusukan tumit atau untuk melekatkan alat pemantau atau infus IV dapat eksoriasi kulit atau menempel erat pada permukaan kulit sehingga epidermis dapat terkelupas dari dermis dan tertarik bersama plester sama sekali tidak aman menggunakan gunting untuk mengelupas balutan atau plester dari ekstremitas bayi imatur yang sangat kecil, karena bis memotong ekstremitas yang kecil tersebut atau melepas klit yang terikat longgar.

Hal inikarena janin mengalami gangguan pertumbuhan dalam kandungan danmerupakan bayi yang kecil untuk masa kehamilan KMK. Pengaruh pendidikan ibu terhadap kejadian BBLR Tingkat pendidikan seorang ibu akan sangat berpengaruh dalam penerimaan informasi yang diterima.

Dengan tindakan ini dapat dicegah sekaligus mengatasi asfiksia sehingga memperkecil kematian bayi BBLR. Kawan Pustaka Winarno, FG.

Recent Posts

Ganggua yang menyebabkan tidak terpenuhinya gizi akan menyebabkan gangguan pada janin dan beresiko untuk melahirkan bayi BBLR.Bayi lahir dengan berat lahir renndah (BBLR) merupakan salah satu faktor resiko yang mempunyai kontribusi terhadap kematian bayi khususnya pada masa perinatal.

Selain itu bayi berat lahir rendah dapat mengalami gangguan mental dan fisik pada usia tumbuh kembang selanjutnya sehingga membutuhkan biaya perawatan yang tinggi (Anonim, ).Author: Zee Esty. Kekurangan gizi pada ibu hamil dapat memengaruhi proses pertumbuhan janin dan dapat menimbulkan keguguran, abortus, bayi lahir mati, kematian neonatal, cacat bawaan, anemia pada bayi, asfiksia.

Intra partum (mati dalam kandungan) lahir dengan berat badan rendah (BBLR).Author: Iges Kwon Luee. 12/25/ · Rata-rata bayi normal (gestasi minggu) adalah gram.

Berat badan ini tergantung juga dari ras, status ekonomi orang tua, ukuran orang tua, dan paritas ibu. Secara umum berat bayi lahir rendah dan berat bayi lahir lebih besar resikonya untuk mengalami masalah (Sylviati, dalam Siagian,hal.

5). yang di kandungnya. Angka kejadian BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) lebih tinggi di negara berkembang dari pada di negara-negara yang sudah maju.

Kenaikan berat badan wanita hamil selama kehamilan adalah sekitar ,5 kg agar tidak terjadi bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Penyebab tersebut antara lain karena gangguan perinatal dan bayi dengan berat badan lahir rendah. Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) dan prematur merupakan penyebab kematian neonatal yang tinggi yaitu sebesar 30,3%.2 Neonatal dengan BBLR beresiko mengalami kematian 6,5 kali lebih besar daripada bayi yang lahir dengan berat badan normal.3 Disamping.

10/25/ · Wanita hamil dengan infeksi rubella akan berakibat buruk terhadap janin. Infeksi ini dapat menyebabkan bayi berat lahir rendah, cacat bawaan dan kematian janin.

3. Ciri-ciri BBLR Manuaba () mengemukakan bayi berat badan lahir rendah mempunyai karakteristik sebagai berikut: Berat badan kurang dari gr; Panjang badan kurang dari 45 cm.

Berat badan lahir rendah terhadap kematian bayi
Rated 5/5 based on 34 review