Rumus menghitung dosis obat berdasarkan berat badan

Dosis adalah takaran obat yang diberikan kepada pasien yang dapat memberikan efek farmakologis khasiat yang diinginkan. Rumus Dilling Latihan: Klo belum kenalan kenalan dululah hehehe.

Berapakah dosis untuk bayi 5 bulan? Nah klo misalnya si kecil mulai rewel dan ndak nyaman barulah bisa diberikan obat, nah klo misalnya blm sembuh juga setelah 3 hari setelah menggunakan obat apa yang harus dilakukan?? Demikian pembahasan mengenai cara menghitung dosis obat dengan cepat dan benar sesuai ilmu apoteker.

Latar Belakang Masalah Peran perawat dalam pemberian obat dan pengobatan telah berkembang dengan cepat dan luas seiring dengan perkembangan pelayanan kesehatan. Memahami cara menghitung luas permukaan tubuh 5. Kesalahan dalam menghitung dosis obat merupakan hal umum yang terjadi dalam praktik rumah sakit di seluruh dunia, karenanya penghitungan sebaiknya dihindari, sebisa mungkin.

Sehingga, tenaga kesehatan terutama perawat harus dapat membagi pengetahuan tentang obat-obatan sesuai dengan kebutuhan klien. Dosis terapi: Begitu pula bagi seorang apoteker yang memang dia selalu bermain dengan obat obatan.

Bahkan klo anak usia 10 bulan pun Cuma 0,4ml juga agak kecil jika tidak menggunakan pipet atau spuit untuk menakarnya. Sehingga jadinya kaya gini Jadinya klo unutk anak dengan berat badan 5kg dosis untuk 1 kali minum obat adalah mg. Oleh karena itu, pengetahuan tentang manfaat dan efek samping obat sangat penting untuk dimiliki perawat.

Faktor Penderita: Pada beberapa obat antiretroviral, dosis yang direkomendasikan sering diberikan berdasarkan keadaan luas permukaan tubuh anak. Rumusan Masalah 1.

Cara Pemberian Obat dan Perhitungan

Takaran dosis yang ada dalam farmakope umumnya untuk dosis orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak memerlukan rumus perhitungan khusus. Sediaan obat adalah adalah mg. Obat ini berbentuk serbuk dan harus dilarutkan menggunakan air sebelum dikonsumsi melalui intravena.

Dosis lazim ibuprofen untuk dewasa adl mg untuk 1x minum. Jangan lewatkan juga tentang tips mendapatkan berat badan ideal di halaman 2. Faktor Obat: Sediaan obat mg Ditanya: Rumus Fried Latihan: Rumus Black Latihan: Berdasarkan umur a.

Selanjutnya dosis pada tabel dapat digunakan untuk memeriksa apakah dosis yang telah dihitung sudah tepat dan untuk memeriksa pula apakah ada kesalahan penghitungan. Maka kita harus mengubah mg menjadi Tugas perawat tidak sekedar memberikan pil untuk diminum atau injeksi obat melalui pembuluh darah, namun juga mengobservasi respon klien terhadap pemberian obat tersebut.

Berdasarkan berat badan Perhitungan dosis berdasarkan berat badan sebenarnya lebih tepat karna sesuai dengan kondisi pasien ketimbang umur yang terkadang tidak sesuai dengan berat badan, bila memungkinkan hitung dosis melalui berat badan d.

Namun demikian untuk beberapa obat misalnya, anti-retroviralsebaiknya dilakukan penghitungan TEPAT dan PASTI dari dosis obat perorangan berdasarkan berat badan anak, bila memungkinkan. Memahami perhitungan dosis yg harus diberikan berdasarkan sediaan obat yg ada tersedia 4.

Sediaan obat adalah jumlah total kandungan dalam satu tablet, pil, kaplet, vial, atau ampul. Kita dapat menghitung dosis obat tablet diatas dengan menggunakan rumus dosis obat: Cara menghitung dosis obat tablet atau pil bisa menggunakan contoh dibawah ini.

Order dokter mg: Sediaan obat Metronidazole injeksi untuk setiap mL adalah mg. Berapa ml yang akan diberikan? IMT dihitung berdasarkan tinggi dan berat badan yang dimiliki seseorang. Secara umum penggunaan dosis dalam terapi dibagi menjadi:Memahami perhitungan dosis yg harus diberikan berdasarkan sediaan obat yg ada (tersedia) 4.

Rumus Perhitungan Dosis Obat

Memahami cara menghitung luas permukaan tubuh 5. Menghitung sediaan obat Berdasarkan Umur Perhitungan dosis Berdasarkan BB Berdasarkan Luas Permukaan Tubuh Perhitungan Dosis Berdasarkan Umur •.

1/27/ · Dosis maksimum yang dicantumkan adalah untuk orang dewasa dengan rentang umur tahun, lalu bagaimana cara menentukan dosis maksimum obat untuk anak?Ada beberapa rumus yang dapat digunakan untuk menghitung dosis pada anak, yaitu Rumus Young (untuk anak usia di bawah 8 tahun)2.

Rumus Dilling (untuk anak usia di atas 8 tahun)3. Untuk menghitung dosis obat yang harus kita tahu dan hafal adalah rumusnya. Banyak sekali rumus-rumus menghitung dosis obat pada bayi dan anak balita, diantaranya rumus.

DOSIS OBAT Jumlah obat yang Berat badan 3. Jenis kelamin (untuk obat gol. Hormon) 4.

Cara menghitung dosis pemberian obat untuk bayi dan anak - anak

Ras: slow & fast acetylator 5. Toleransi 6. Obesitas 7.

Perhitungan DOSIS Obat – Resep Ampuh Biar CEPAT SEMBUH ?

Sensitivitas 8. Dihitung dari dosis dewasa a. Rumus Young (anak dosis (dws) GGmg/kali, maka dosis utk anak 4 thn. Selain itu, formula rumus yang awalnya ditujukan untuk menghitung dosis penggunaan obat berdasarkan berat badan pasien ini ternyata hasilnya berupa satu angka saja, bukan pada rentang tertentu.

Keterbatasan lainnya adalah rumus ini tidak cocok untuk menghitung berat badan ideal pada wanita bertubuh pendek dan pria bertubuh fauguet-cousinard.com: Editor Choizes. 5/8/ · Rumus dasar yang mudah diingat dan lebih sering digunakan dalam perhitungan dosis obat adalah: — Berdasarkan Berat Badan.

Berat Badan. Metode berat badan dalam penghitungan. Metode Luas permukaan tubuh (LPT) dianggap sebagai yang paling tepat dalam menghitung dosis obat untuk bayi, anak-anak, orang lanjut usia, dan mereka yang berat.

Rumus menghitung dosis obat berdasarkan berat badan
Rated 3/5 based on 62 review